Festival Museum Nusantara

Festival Museum Nusantara 2010 merupakan postingan arisnb untuk mendukung Festival Museum Nusantara 2010 yang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan Festival Museum Nusantara 2010 diharapkan masyarakat mengenal lebih jauh bangsa Indonesia dengan cara mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah. Sungguh Indah Indonesia ini dengan kekayaan alamnya dan sungguh elok dengan kekayaan budayanya dengan beranekaragam suku bangsa. Kekayaan Nusantara tersebut sungguh memukau hati banyak orang termasuk para turis baik domestik maupun luar negeri. Bahkan kekayaan tersebut mengundang petaka yaitu dengan sejarah kelam Indonesia tercinta di jajah oleh negara lain. Banyak kekayaan kita yang di eksplorasi oleh mereka tak hanya kekayaan alam tapi juga bangsa Indonesia. Sangat disayangkan jika kita tidak mencintai bangsa sendiri. Melalui Festival Museum Nusantara diharapkan kita bisa lebih care terhadap budaya negeri sendiri.

Festival Museum Nusantara telah dibuka. Manajemen TMII telah membuka Festival Museum Nusantara 2010 yang mana tujuannya untuk membantu melestarikan budaya Indonesia dan menyambut Tahun Kunjung Museum 2010 yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 30 Desember 2009. Berita terkait bisa dilihat di www.kompas.com.

Pada tanggal 8 Januari 2010 Festival Museum Nusantara 2010 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah dibuka. Diharapkan semakin banyak para pengunjung ke museum di TMII apalagi pengunjung dari kalangan siswa. Jangan lewatkan berkunjung ke TMII dengan museum terbanyaknya saat ini.

Festival Museum Nusantara memang perlu diadakan karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi mengenai apa saja isi Taman Mini Indonesia Indah.

Berikut ini beberapa macam Museum Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) :

Dari beberapa museum tersebut mungkin ada satu buah museum yang berisikan negara lain yaitu Museum Timor Timur. Dimana Timor Timur adalah negara yang terbentuk setelah adanya referendum beberapa tahun yang lalu (anda bisa membaca dalam Sejarah Timor Leste). Sebelumnya Timor Timur adalah salah satu dari propinsi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Nggak percaya ? Silakan buktikan dalam Festival Museum Nusantara.

Saya sangat ingin sekali mengunjungi Museum Keprajuritan Indonesia yang mana dalam museum tersebut terdapat bukti dan rekaman sejarah perjuangan bangsa pada masa-masa perjuangan sejak abad ke-7 sampai abad ke-19. Saya ingin sekali mengetahui bagaimana para pahlawan kita dengan gagah berani memperjuangkan kemeredekaan Nusantara ini. Museum Keprajuritan Indonesia berbentuk benteng bersegi lima yang dikelilingi perairan yang menggambarkan negara Indonesia adalah negara kepulauan. Sayang dalam Festival Museum Nusantara 2010 kali ini saya belum bisa kesana :((

Saya juga ingin sekali melihat Bayt al Qur’an & Museum Istiqlal serta Museum Telekomunikasi. Mungkin jika suatu saat nanti saya ada biaya dan kesempatan insyaAllah saya ingin berkunjung ke museum-museum tersebut sekalipun Festival Museum sudah selesai. Bagaimanapun letak tempat tinggal saya yang jauh dari Ibukota Jakarta menjadi salah satu penghalang bagi saya untuk mengujungi museum-museum tersebut. Doakan saja semoga saya suatu saat bisa kesana.

Ayo sahabat kita sukseskan Festival Museum Nusantara 2010 dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Jangan sampai semangat kebangsaan kita luntur oleh berkembangnya era kebebasan Informasi dan teknologi saat ini. Mari kita kabarkan kepada anak cucu kita akan kekayaan budaya bangsa biar mereka semakin cinta terhadap Nusantara ini. Anda ditunggu untuk ikut meramaikan Festival Museum Nusantara.