Gempa Selandia Baru 2011

Gempa bumi di Christchurch, Selandia Baru, terjadi pada Selasa (22/2) pukul 12.51 waktu setempat. Gempa bumi kali ini cukup kuat sekali diperkirakan berkekuatan 6,5 skala richter. Bangunan termasuk gedung-gedung banyak yang runtuh, banyak orang yang terjebak dalam reruntuhan dan 65 orang sudah dinyatakan tewas. Walikota Christchurch, Bob Parker dikabarkan sempat terlempar beberapa meter dari tempatnya ketika kejadian saat itu.

Gempa di Christchurch kali ini terjadi saat orang sedang sibuk-sibuknya bekerja dan anak-anak sedang belajar di sekolah.

Gempa bumi ini tercatat menewaskan 65 orang, memerangkap lusinan lainnya di bawah bangunan yang rubuh. “Saat ini, korban tewas adalah 65 jiwa dan bisa saja bertambah,” kata Perdana Menteri John Key di saluran TVNZ.

Gempa 6,3 skala Richter ini lebih merusak dari gempa 7 SR September lalu, sebab pusat gempa lebih dekat ke kota Christchurch dan lebih dekat ke permukaan bumi. Gempa itu melanda pada pukul 12.51 waktu setempat, atau menjelang pukul tujuh pagi Waktu Indonesia Barat.

Gempa ini kedua terburuk setelah lindu 7,8 skala Richter menewaskan 256 orang di Hawke’s Bay pada 1931. Selandia Baru dilewati “Cincin Api Pasifik”, zona gempa dan vulkanik sangat luas yang membentang dari Cile ke Jepang, dan ke Indonesia di sisi lainnya.
Sumber : id.news.yahoo.com

Kondisi jalan setelah gempa cukup berantakan karena sisa-sisa puing bangunan dan kendaraan berserakan.