Home > Dibalik Teknologi > Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8

Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8

PC tablet merupakan perangkat mobile yang dalam beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun. Kemudahan penggunaan dengan layar sentuh dan bentuknya yang simple sehingga mudah dibawa menjadi alasan tablet menjadi perangkat yang sangat digemari. Namun, sebagian besar tablet yang saat ini beredar hanya digunakan untuk fungsi sederhana seperti terhubung dengan sosial media, bermain game, browsing, membaca naskah, mengecek email serta berbagai fungsi dasar lainnya.

Dengan hadirnya tablet berbasis sistem operasi Microsoft Windows 8 akan mengubah banyak hal. Kita akan dibawa masuk dalam babak baru, dimana tablet dapat digunakan layaknya sebuah laptop atau notebook. Pastinya kebanyakan pengguna lebih akrab dengan OS Windows dibandingkan platform lainnya. Applikasi perkantoran juga lebih banyak menggunakan OS yang berbasis Windows dibandingkan OS lainnya, contohnya adalah Microsoft Office.

Sebuah tablet Windows dengan kinerja tinggi pastinya akan sangat menyenangkan. Kita dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai pekerjaan tersebut di mana saja dan kapan saja.

Dan salah satu vendor komputer ternama di dunia, Acer terus mengembangkan teknologi komputasinya. Kini Acer telah menjadi yang terdepan dalam menyediakan perangkat komputer lengkap berbasis Windows 8. Dalam tulisan ini, kami akan memperkenalkan dua varian tablet PC yang pastinya sudah dilengkapi dengan OS Windows 8, yaitu Acer Iconia W510 dan W700 (Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8).

Mari kita kupas sejenak tentang Acer Iconia W510. Gadget ini bersifat multifungsi dan cantik. Itulah gambaran yang pas untuk produk Acer Iconia W510. Alat canggih yang satu ini memang beda dari tablet PC lainnya, karena didesain untuk memenuhi kebutuhan spAcer yang selalu dituntut untuk produktif setiap saat. Ingat ya, tablet PC yang ini bukan ber-OS Android, tapi Windows 8, yang langsung booming walaupun OS tersebut masih terbilang baru dirilis oleh microsoft.

Tablet unik yang multifungsi

Sesuai dengan namanya, Iconia W510 adalah sebuah tablet. Tentu saja, bukan Acer namanya kalau tidak bisa menghadirkan keunikan ekstra. Secara definisi, tablet ini dimasukkan ke dalam kategori convertible, yaitu komputer yang bisa digunakan dengan setidaknya 2 form factor: tablet dan laptop. Untuk Iconia W510, ada pula yang menyebutnya sebagai hybrid convertible atau detachable. Ini disebabkan karena tablet ini bisa benar-benar menjadi tablet (tanpa keyboard terpasang) dan tetap bisa berfungsi seperti laptop saat keyboard terpasang.

Setidaknya, Acer Iconia W510 bisa digunakan degan tiga mode yang unik. Pertama, dengan tablet mode. Tanpa menggunakan docking, spAcer bisa menggunakannya sebagaimana layaknya sebuah tablet. Ukuran layar 10.1” berkualiatas High Definition membuat Acer Iconia W510 tampil tidak terlampau besar dan serupa dengan ukuran tablet terbesar yang umum beredar di pasaran. Hal ini membuatnya mudah untuk dioperasikan. Layar berteknologi In-Plane Switching (IPS) dengan resolusi 1366×768 pixel ini memiliki sudut tampilan yang sangat lebar. Iconia W510 bahkan dapat digunakan menonton video dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat dan tetap merasa nyaman.

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Mode kedua yaitu presentation mode. Saat menggunakan keyboard docking, spAcer bisa mendorong layar hingga posisinya membalik 295 derajat dan meletakkannya di atas meja dengan tuts keyboard menghadap ke meja. Ini adalah posisi ideal saat ingin browsing berlama-lama di atas meja.

Mode terakhir, productivity mode. Posisi normal saat menggunakan keyboard docking membuat Acer Iconia W510 berpenampilan sebagaimana layaknya sebuah mini notebook. spAcer bisa mengetik tulisan panjang dengan tuts keyboard-nya yang cukup besar dan nyaman. Bagi spAcer yang terbiasa dengan penggunaan keyboard fisik pada laptop, keyboard docking memberikan kenyamanan mengetik yang sama. Sebagai penghubung dengan tablet, sebuah engsel berukuran besar dan kokoh tersedia pada keyboard ini. Untuk memasangkan tablet, spAcer cukup menyelipkannya ke celah pada engsel hingga kunci pengaman terkatup. Untuk membukanya, cukup menggeser sebuah kunci pengaman yang tersedia. Dengan adanya baterai tambahan di dalam keyboard , selain tablet memperoleh pasokan daya ekstra, keseimbang antara bobot, tablet dan keyboard pun terasa lebih nyaman. Sebagai catatan, saat penggunaan tablet ini dengan keyboard dock, daya baterai pada keyboard akan dikonsumsi lebih dahulu. Pengaturan yang cerdas, bukan?

Desain cantik dan elegan

Desain Acer Iconia W510 memang terlihat cantik dan elegan. Tampil dalam dominasu balutan warna silver dan putih, Acer Iconia W510 terlihat lebih segar dengan lekukan rapi di setiap sudutnya. Di bagian sisi kirinya terdapat jack audio 3.5 mm, tombol autorotate, dan tombol unlock. Sedangkan di sisi kanannya, terdapat slot Micro SD, slot Micro USB, mini HDMI, dan tombol volume. Tuts pada keyboard ini memiliki warna putih. Ukuran tuts keyboard ini cukup baik untuk digunakan mengetik dengan nyaman. Sementara itu, touchpad berukuran standar dapat ditemukan di sisi terdekat dengan pengguna.

Konstruksi yang kokoh dengan warna silver yang elegan memberi tampilan menarik serta kesan ramping. Bezel yang mengitari layar tetap menggunakan warna hitam. Warna gelap tersebut akan membantu kita menikmati keindahan tampilan (terutama saat menonton video) dengan lebih sempurna. Pada bagian-bagian penting dari keyboard dock, kita akan menemukan bantalan karet berwarna abu-abu yang selain tampil senada dengan tema warna, juga merupakan penjaga paduan tablet dan keyboard ini dari gesekan dan benturan. Sebagai penghubung dengan tablet, sebuah engsel berukuran besar dan kokoh tersedia pada keyboard ini. Untuk memasangkan tablet, hanya menyelipkannya ke celah pada engsel hingga kunci pengaman terkatup. Untuk membukanya, cukup degan menggeser sebuah kunci pengaman yang tersedia. Komputer tablet ini juga menyediakan pegangan yang baik sehingga nyaman dibawa untuk kepentingan rapat atau presentasi. Dengan bobot hanya 580 gram, membuatnya mudah dibawa kemana saja.

Prosesor terbaru yang canggih

Acer Iconia W510 menggunakan prosesor Intel terbaru yaitu Atom Z2760 agar dapat menjalankan OS Windows 8 dengan lebih baik.Prosesor 1,5 GHz dual core (4 thread) ini memiliki kelebihan dibandingkan Atom terdahulu. Selain performanya yang lebih baik, prosesor ini tampak dirancang khusus untuk bisa digunakan pada tablet. Hal terpenting terletak pada konsumsi daya yang rendah agar tablet yang menggunakannya bisa bekerja hingga kisaran 10 jam.

Selain prosesor canggih tersebut di atas, Acer Iconia W510 dilengkapi dengan RAM berukuran 2 GB DDR3, hard disk 32 GB SSD, dan dgrafis Intel Media Accelerator 3650. Kapasitas RAM seperti ini memang cocok untuk penggunaan Windows 8 pada tablet. Untuk penyimpanan data, Acer menyisipkan internal storage sebesar 64GB pada unit yang dikeluarkan kali ini. Para spAcer juga akan mendapatkan leather case yang elegan dan bisa digunakan sebagai stand untuk Iconia W510. Dengan stand ini Iconia W510 bisa disimpan di atas meja dengan viewing angle yang nyaman.

Koneksi mantap

Dalam hal konektivitas dan ekspansi, Acer Iconia W510 memiliki konektivitas nirkabel berupa WiFi dan tentunya Bluetooth, fitur yang sama dengan konektivitas WiFi pada laptop. Selain bisa terkoneksi ke Access Point, kita juga bisa menggunakan konektivitas Adhoc. Dengan software gratis seperti Connectify, spAcer bahkan bisa membuat tablet ini menjadi WiFi accesss point dan berbagi ke perangkat lain (misalnya smartphone tipe apapun) dengan mudah.

Pada sisi kanan tablet, spAcer bisa menemukan port micro HDMI, slot MicroSD, dan sebuah slot micro USB. Di sisi atas, tersedia sebuah soket untuk stereo headset, tombol power, dan saklar pengunci orientasi layar. Pengaturan ini memang khas tablet dengan fleksibilitas PC.

Slot MicroSD yang tersedia, bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan data pada tablet ini. Sementara itu, micro USB yang tersedia, memiliki fitur sebagaimana layaknya USB port pada laptop atau PC desktop. USB port ini tidak bisa digunakan sebagai sarana pengisian daya. Akan tetapi, dengan adaptor (micro USB ke USB) kita bisa menggunakannya untuk konektivitas perangkat USB seperti mouse, keyboard, modem, dan bahkan harddisk eksternal. Selain itu, spAcer juga bisa menggunakannya untuk mengisi daya baterai perangkat lain seperti smartphone.

Layar tablet yang smart

Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8

Mengingat Iconia W510 pada dasarnya adalah sebuah tablet, layar menjadi komponen yang sangat penting. Layar 10,1 inci pada tablet ini menggunakan teknologi IPS yang membuatnya memiliki sudut tampilan yang sangat lebar. Layar In-Plane Switching (IPS) yang cantik ini mampu menampilkan warna yang cemerlang. Tidak hanya itu, layar ini juga memiliki resolusi tinggi untuk ukuran fisiknya. Layar 10,1 inci ini beresolusi 1366×768 pixel. Sebuah ukuran resolusi yang biasanya ditemukan hanya pada layar notebook 13,3 inci hingga 15,6 inci. Tentu saja sebagai tablet berkualitas, Iconia W510 menggunakan layar sentuh capacitive (5 point). Dengan teknologi IPS Wide View Angle ini, kita tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan saat melihat layar ini dari beragam sudut pandang. Tampilan terlihat sangat jernih dari hampir semua sudut. Anda bahkan dapat menonton video pada Iconia W510 dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat dan tetap merasa nyaman.

Kamera Unggulan

Seperti pada tablet yang lain, produk ini dilengkapi dengan kamera yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen penting para pengguanya. Fungsi kamera pada tablet ini memiliki keunggulan tersendiri. Dengan kamera utama 8 Megapixel (autofocus) dan kamera kedua (menghadap ke pengguna) 2,1 Megapixel, Acer Iconia W510 menawarkan perpaduan kamera dengan spesifikasi tinggi untuk sebuah tablet. Kedua kamera ini bisa merekam video hingga resolusi FullHD (1080p). Video conference bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Skype ataupun software video chat/conference lainnya. Kamu cukup menancapkan sebuah headset, dan video conference pun dapat dilakukan dengan privasi ekstra. Tersedia socket untuk mikrofon (tergabung dengan headset) membuat Acer Iconia W510 menjadi perangkat yang berpotensi menjadi andalan para video blogger. Anda bisa merekam video sembari menyodorkan mic ke narasumber. Sebuah fitur yang jarang ditemui pada sebuah tablet. Menkajubkan!

Baterai yang tahan lama

Bagi spAcer yang menghabiskan banyak waktu di depan PC atau tablet, tak perlu khawatir dengan ketangguhan baterai Acer Iconia W510. Pengujian tanpa keyboard docking memberikan hasil yang luar biasa. Iconia W510 tanpa dock mampu memutar video secara nonstop hingga sekitar 10 jam. Sementara itu, dengan bantuan keyboard dock yang berisikan baterai tambahan, Iconia W510 mampu memutar video hingga 16 jam.

Untuk penggunaan ringan seperti mengetik, mengedit tabel dan merancang presentasi standar, dengan dukungan keyboard docking Iconia W510 mampu mencapai kisaran 18 jam kerja. Tentu saja, lamanya daya tahan baterai akan sangat bergantung pada pola kerja penggunanya dan aplikasi yang dipakai. Akan tetapi, mengacu pada hasil pengujian ini, Iconia W510 benar-benar memiliki kelas tersendiri dalam urusan daya tahan baterai. Dengan daya tahan baterai yang ditawarkan, menjadikannya sangat sesuai untuk short business trip.

Penggunaan multimedia yang luar biasa

Hal pertama yang menarik dari sisi pemutaran video dan/atau file multimedia adalah tersedianya 2 buah speaker stereo di sisi kanan dan kiri tablet ini. Jadi, kita bisa merasakan sensasi stereo dari file multimedia yang diputar, serasa nonton film di bioskop. Sangat menarik!

Pemutaran video Full HD (1080p) dapat dengan mudah dan lancar dilakukan ICONIA W510. Bahkan, video Full HD tersebut dapat langsung diputar dari dalam harddisk eksternal melalui konektivitas USB. Pengujian dilakukan langsung pada micro USB tablet (dengan adaptor) dan melalui USB port pada keyboard. Streaming video melalui situs Youtube pun bisa dijalankan dengan lancar. Bahkan, pemutaran beberapa video dengan resolusi 1080p tidak menemukan masalah yang berarti. Tentu saja, untuk streaming video berkualitas teratas ini dibutuhkan koneksi internet yang sangat baik juga.

Bagi game mania, Acer Iconia W510 memberikan pengalaman yang mengasyikkan. Pengujian game khas tablet yang telah dilakukan dapat berjalan dengan lancar. Tidak ada masalah saat memainkan game adiktif seperti Angry Birds dan Cut the Rope yang bisa diperoleh dari Windows Store. Beberapa casual game atau bahkan game mainstream lawas yang dirancang untuk Windows terdahulu pun masih bisa dijalankan oleh Iconia W510 ini. Akan tetapi, untuk kenyamanan bermain game yang sempurna, gunakanlah aplikasi game yang tersedia pada Windows Store.

Dengan semua keunggulan yang dimiliki, Acer Iconia W510 sangat layak dipakai oleh semua kalangan. Siapa saja yang hobi menulis, seperti blogger dan wartawan, yang membutuhkan perpaduan antara tablet dan keyboard yang sempurna akan menikmati kenyamanan form factor tabletnya saat melakukan browsing dan keyboard-nya saat mengetik artikel panjang. Daya tahan baterai Acer Iconia W510 tentu sangat membantu para petualang yang suka jalan-jalan sehingga tak perlu lagi mencari outlet listrik saat sedang dalam perjalanan panjang. Bagi kalangan profesional yang menginginkan hanya satu perangkat mungil untuk menggantikan fungsi notebook/netbook dan tablet untuk pekerjaan sehari-hari, produk ini menjadi pilihan yang tepat. Acer Iconia W510 juga layak dimiliki oleh fashionista yang tetap ingin terlihat modis, bahkan saat mengeluarkan perangkat komputasinya.

Jadi, ada satu hal yang sudah jelas. Acer Iconia W510 ini bukanlah sebuah netbook melainkan tablet multifungsi. Kita bisa memperlakukannya sebagaimana layaknya sebuah tablet modern sekaligus juga sebagai laptop (dengan keyboard dock).

Acer Iconia W700

Produk tablet lain keluaran Acer yang layak dikupas keunggulannya ialah Acer Iconia W700. Tablet yang satu ini mempunyai bentuk yang ramping dengan ukuran 191 x 295 mm dan mempunyai ketipisan 11.9 mm. Beratnya hanya 2,3 kg. Dalam dimensi tersebut, tablet ini mengusung teknologi layar LED-backlit berukuran 11,6” dengan resolusi Full HD 1920×1080 px dan dilengkapi dengan panel IPS yang dapat menghadirkan warna hingga 16,7 juta warna. Layar sentuh pada tablet ini mendukung penggunaan hingga 10 jari secara bersamaan. Acer mengemas tablet ini dalam warna silver matte di seluruh casingnya, berpadu dengan bingkai hitam glossy di pinggir layarnya. Pilihan warna ini membuat Acer Iconia W700 terlihat mewah.

Di dalam Acer Iconia W700 telah tertanam prosesor Intel core i5 generasi ke 3 (Ivy Bridge) dengan 2 inti prosesor dan berjalan pada kecepatan hingga 2,7 GHz. Penggunaan prosesor Intel Ultra Low Voltage terbukti memberikan daya tahan serta kinerja yang tinggi pada tablet Acer ini. Untuk urusan grafis, Acer Iconia W700 menggunakan Intel HD Graphics 4000 yangefisien dalam penggunaan daya namun memiliki kinerja yang memadai untuk aplikasi multimedia terbaru sekalipun, misalnya game-game casual dari Microsoft Store atau Intel App.

Untuk menunjang kinerja prosesor Intel, Acer menggunakan memory 4 GB DDR3 dan kapasitas penyimpanan menggunakan SSD berukuran 64GB. Degan penggunaan SSD ini, kita dapat melakukan booting Windows hanya dalam waktu 6 detik, menyala dari mode sleep hanya 1,5 detik dan dapat langsung terkoneksi dengan jaringan hanya dalam waktu 2,5 detik. Kecepatan ini akan memudahkan kita saat mengupdate webpage dan email. Sangat menarik kan!

Acer Iconia W700 mengusung port USB 3.0 yang jika dibandingkan dengan port USB 2.0 dapat melakukan transfer data hingga 10x lipat lebih cepat. Di sebelah port USB terdapat port Micro HDMI outnput yang memungkinkan Anda melakukan presentasi dengan menggunakan projector atau menonton film Full HD 1080 px di PC atau televisi. Di bagian sisi lainnya, spAcer juga bisa menemukan tombol power, pengatur volume, mengunci auto-rotate, dan tombol home Windows pada bagian depan.

Acer iconia W700 dilengkapi dengan dua kamera. Pertama, kamera depan yang dapat digunakan untuk video calling melalui instant messenger seperti Skype atau Google Hangouts. Kamera kedua dengan resolusi 5MP terletak di bagian belakang. Sangat memudahkan bagi mereka yag suka berbagi momen penting di sosial media.

Hadir bersama paket penjualan adalah cover kulit abu-abu muda yang menghadirkan kesan mewah bagi tablet cantik ini. Kita bisa memasang Acer Iconia W700 pada slot yang telah disediakan dan memilih diantara tiga konfigurasi sudut kemiringan, disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan penggunanya.

Acer Iconia W700 juga hadir dengan cradle yang mudah digunakan. Kita cukup meletakkan dan menggeser tablet ini untuk ‘mengunci’. Cradle ini dilengkapi dengan slot charging dan slot USB3.0 sebanyak tiga slot. Cradle dapat diatur dalam dua kemiringan, baik vertical maupun horizontal. Dengan cradle ini, Iconia W700 ini layaknya sebuah PC yang berdiri cantik di atas meja.

Acer Iconia W700 menggunakan baterai Lithium-Polymer dengan kapasitas sebesar 4850 mAh. Dengan daya baterai sebesar ini, tablet ini mampu hidup selama lebih dari 7 jam untuk melakukan pekerjaan dasar seperti menjalankan aplikasi Microsoft Office. Untuk melakukan kegiatan browsing melalui jalur Wi-Fi atau menonton film HD non-stop, tablet ini dapat hidup selama 6 jam. Tablet PC besutan Acer yang satu sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Home Theater v4 pada sistem audionya. Suara yang dihasilkan jernih dan enak didengar.

Acer Iconia W700 juga akan memanjakan penggunanya dengan teknologi Green Instant On yang akan memungkinkan tablet PC tersebut melakukan proses booting lebih cepat. Selain itu, spAcer juga akan mendapatkan aksesoris tambahan yaitu Multipurpose Cradle sehingga tablet PC bisa disimpan dalam mode portrait atau landscape.

Acer Iconia W700 juga dilengkapi dengan Acer Ring, fitur istimewa yang disiapkan khusus oleh Acer. Acer Ring menyediakan fitur yang memungkinkan kamu bekerja dan mengeksplorasi fitur-fitur secara lebih cepat dengan adanya shortcut ke beberapa aplikasi sekaligus. Touch experience yang cepat dan smooth menjadikannya nilai tambah dibanding tablet Windows 8 dari vendor lainnya.

Bagi yang galau antara tablet dan notebook, maka dua Iconia W Series sepertinya cocok untuk dijadikan pillihan hati. Tunggu apalagi! Kunjungi toko rekanan Acer sekarang juga. Bergabunglah dengan sekian banyak orang yang jacuh cinta dengan Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8. Dan segera nikmati keunggulan Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8 yang multifungsi.

Kategori :
Dibalik Teknologi
Tags: , , , ,
Statistik :138544 klik

Silakan tinggalkan komentar di web ini.

Komentar

63 Komentar untuk “Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8”

Ping Balik

  1. Iconia PC tablet dengan Windows 8…

    Paparan Iconia PC tablet dengan Windows 8 ini berkaitan dengan informasi yang terbaru. Ulasan terbaru ini akan mengulas lebih detail berhubungan dengan sesuatu hal yang harus anda mengerti tentang Iconia PC tablet dengan Windows 8….

  2. Iconia PC tablet dengan Windows 8…

    Uraian Iconia PC tablet dengan Windows 8 ini berkaitan dengan berita yang terbaru. Ulasan terbaru ini akan mengulas cukup jelas tentang sesuatu yang harus kalian mengerti tentang Iconia PC tablet dengan Windows 8….

  3. Iconia PC tablet dengan Windows 8…

    Artikel Iconia PC tablet dengan Windows 8 dibawah ini ada kaitannya dengan tema yang terkini. Artikel bagus ini akan menjelaskan lebih dekat tentang hal yang perlu anda mengerti mengenai Iconia PC tablet dengan Windows 8….

  4. Iconia PC tablet dengan Windows 8…

    Ulasan Iconia PC tablet dengan Windows 8 dibawah ini berhubungan dengan info yang terkini. Artikel bagus ini akan menjelaskan lebih dekat berhubungan dengan hal yang musti anda mengerti tentang Iconia PC tablet dengan Windows 8….

  5. Iconia PC tablet dengan Windows 8…

    Paparan Iconia PC tablet dengan Windows 8 dibawah ini ada kaitannya dengan informasi yang baru saja booming. Artikel menarik ini akan menjelaskan cukup detail mengenai hal yang musti kamu mengerti mengenai Iconia PC tablet dengan Windows 8….



Tinggalkan Komentar

(harus)

(harus)


Sebelumnya :
Selanjutnya :