Dibalik info

Logo Baru Telkom Indonesia

Wah baru tahu saya kalau logo perusahaan telkom Indonesia berganti logo. Awalnya saya sih sekadar blogging dan optimasi artikel Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang dan mengoptimasi artikel Mengembalikan Jati Diri Bangsa eh tak tahunya menemukan berita mengenai pergantian logo telkom. Dengan logo baru ini telkom juga mengklaim bahwa elkom Telkom sebagai satu-satunya perusahaan T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media dan Edutainment) di Indonesia….emm keren….

Menurut saya pribadi sih logonya yang baru ini masih kurang greget bagi saya, kurang top markotop, terlalu sederhana dan kurang mengena dengan Telkom yang bergerak dalam bidang komunikasi. Atau karena saya saja ya yang dalam pikiran masih begitu melekat kuat pada logo yang lama ? Memang logo lama saat ini bagi saya sudah begitu melekat. Karena brand logo tersebut sudah ada sejak saya masih tinggal di desa dulu hingga sekarang.

Sebenarnya apa sih keuntungan adalany perubahan logo ? Padahal dalam mengganti sebuah logo akan banyak sekali biaya sana sini untuk itu. Mulai dari penggantian logo-logo yang sudah terpampang di kantor-kantor seluruh jaringan telkom yang sudah bertahun-tahun ada, perubahan logo pada seragam karywan, perubahan dalam kop surat, perubahan dalam web, perubahan dalam stempel, perubahan dalam kendaraan-kendaraan telkom, duh saya kira masih banyak lagi deh. Tapi kenapa ya mereka rela megeluarkan uang sedemikian banyak hanya untuk itu, padahal dengan brand telkom yang lama saja saya kira sudah lumayan unik logonya.

Duh kenapa juga saya ngomongin masalah telkom, kok malah ngabisin waktu aja. Mending ngurusin artikel web saya Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang he he he ….

14 comments to “Logo Baru Telkom Indonesia”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. eitsss jangan salah fren, logo adalah representasi organisasi sebagai kesatuan individu yang berfungsi penuh. dalam logo tercakup visi misi, dan perubahan yang ingin dijalani itu sendiri. setelah berpuluh tahun melayani masyarakat, tentu ribuan pengalaman dilalui, yang sampai pada kesimpulan bahwa perlu ada perubahan agar lebih maju lagi. koreksi dari masa lalu itu sangat berharga lho, buat siapa aja.. salah satunya buat telkom. kalo kulihat dari desain logonya, telkom sepertinya ingin lebih dekat dengan konsumennya dengan simbol tangan yang menyapa

  2. EMBANG JOKO S says: 24/12/2009 at 12:57 pm

    TOLONG PAK AQ MINTA LOGO TELKOM BARU UNTUK KEPERLUAN TOUR, ATAS BANTUANYA KAMI UCAPKAN TRIMAKASIH

  3. menurut saya, logo tersebut merupakan perkembangan yang lebih maju lagi dari Telkom…
    dengan logo seperti itu Telkom ingin menyampaikan bahwa Telkom adalah perusahaan yang memegang secara menyeluruh baik Telecommunication, Information, Media dan Edutainment. jangan dilihat dari high class atau tidaknya tapi lihat dari maksud logo tersebut. kalo diperhatikan dari iklan Telkom menurut saya logo dan pesan yang disampaikan cukup baik dan menarik.

  4. H.Adil.msc says: 30/10/2009 at 12:30 pm

    telkom perusahaan besar dan sangat mempengaruhi kemajuan bangsa..jadi saya fikir telkom harus merubah diri/image nya, menjadi lebih maju lebih dari sekarang sehingga bisa go internasional dan membawa nama baik bangsa…serta semoga rencana telkom untuk program IPTV segera tewujud untuk besaing sama negara tetangga malaysia yang sering meremehkan bangsa kita…
    telkom pasti bisa…..

  5. Secara pribadi saya ga suka dengan logo yg baru ini. Terlalu dangkal rasanya eksekusinya. Tapi salut buat tim pembuat desain nya yang sanggup mempresentasikan logo ‘not-that-good’ seperti ini dan berhasil diterima lagi! Salut 🙂

  6. dengan mengganti logo yang lama diharapkan telkom lahir baru dengan brand image baru yang pastinya diharapkan lebih baik dan positif.

    penting bagi perusahaan sebesar telkom untuk merubah imagenya menjadi lebih baik.persoalan logo baru bukan sekedar mengganti bentuk logonya tetapi lebih jauh dari itu merubah cara pandang masyarakat thd perusahan tsb.

    logo baru telkom menurut saya better daripada yang lama.logo yang lama sangat tdk aplikatif juga tidak menarik.sedangkan yang baru lebih fresh, fun, friendly dan mendunia. semoga demikian juga dengan perusahaannya.

  7. tuntutan jaman-lah yang bikin TELKOM ganti logo. jadoeeelll….hehee, tapi kenapa pemilihan logonya itu, mungkin teman2 yang bergelut di dunia desain yang lebih paham.

    Gimana orang2 desain bilang, ganti logo buat sebuah perusahaan emang ga bisa sembarangan. Banyak alasannya dan TELKOM pasti sudah mempertimbangkan hal tersebut. implikasinya, TELKOM juga pasti telah memikirkan segala resiko penggatian logo ini dari berbagai sisi. Saya yakin, tindakan ini tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kepegawaian di salah satu BUMN kebanggaan Indonesia ini. mudah2an TELKOM bisa lebih maju dan sukses dengan tagline “The World Is In Your Hand”-nya.

  8. Perubahan logo = perubahan citra dan brand identity..

    citra telkom lama dikenal dengan pelayanannya yang cukup buruk. dengan logo yang baru telkom juga menggenggam nilai yang baru, yaitu life confident dan the world is in your hand. artinya telkom ingin lebih memperkenalkan dirinya di luar negeri, layaknya telecom malaysia. selain itu juga jika dibandingkan dengan operator komunikasi lain di dunia maupun dalam negeri (seperti XL, three, indosat), logo telkom sudah tampak sangat kuno sekali desainnya.

  9. iya nich saya setuju dengan yg diatas..menurut saya, lebih baiknya hapuskan status karyawan outsource di Telkom & angkat lah orang – orang yang telah lama mengabdi ke pt.Telkom khususnya…eh ini malah buangin duit buat ganti logo,ya baiknya dananya di rubah jadi dana untuk kesejahteraan seluruh “TLH” … klo yg karyawankan udah pada sejahtera…….

  10. “Sebenarnya apa sih keuntungan adalnya perubahan logo ?”

    klo boleh saya jawab si perubahan logo suatu company emang penting klo dirasa logo itu dah lama atau kuno jadi bisa mengikuti perkembangan zaman biar lebih up to date gitu… banyak perusahaan2 besar yang seperti itu.. walau memang butuh biaya yang ga kecil…
    tapi dengan adanya logo baru mungkin diharapkan bisa memunculkan semangat baru buat perusahaan untuk lebih mencapai visi misinya juga meningkatkan pelayanannya…

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.