Mencegah Kantuk Saat Tarawih

Mungkin rasa kantuk bukanlah hal yang luar biasa karena setiap orang pasti pernah merasakannya. Anda pembaca tulisan ini pasti juga pernah merasakan kantuk. Tapi sangat menyebalkan jika kantuk tersebut muncul saat sholat tarawih, apalagi saat ada khotbah atau kultum yang mengiringi sholat tarawih. Dan sepertinya banyak yang merasakan kantuk saat tarawih tersebut.

Sebenarnya ada tips yang gampang yang bisa kita lakukan. Cuma satu, jangan terlalu kenyang saat berbuka. Cukup makan dan minum sedikit saja maka insyaAllah saat sholat tarawih akan lebih fresh (kecuali yang sakit dan capek-capek lho) :d. Kalau nggak percaya silakan coba.

Memang kadang cukup berat seeh untuk melakukan, bagaimana tidak di pagi hingga sore nggak makan, terus saat berbuka disediakan makanan dan minuman yang begitu lezat dan menggoda. Siapa yang nggak tertarik memakannya, apalagi itu jelas halal dan ada di depan mata. Oleh karena itu inilah saat kita belajar mengendalikan diri. Bagaimana agar tidak “rakus” memakan langsung sepuasnya.

Berbuka dengan tidak kenyang dulu sebenarnya juga dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Bagaimanapun lambung istirhat total disiang hari, janganlah dia langsung dikasih beban atau tugas yang langsung banyak ntar bisa cepat rusak. Ya secara logika demikian. Anda boleh percaya atau tidak dengan apa yang saya tuliskan ini, jika tidak percaya silakan butktikan saja.