Mengoptimalkan Kecepatan Modem

Sebelumnya artikel ini telah saya publikasikan di blog saya yang lainnya dengan judul “Internet: Mengoptimalkan Kecepatan Modem“. Mungkin belum banyak pembaca blog ini yang belum mengetahui blog saya yang baru, yaitu khusus untuk menuliskan cara, tips, dan triks tentang apapun. Anda jugab bisa berkunjung kesana lho.

Saya tidak akan mengulangi uraian panjang lebar kenapa mesti menggunakan tips ini, karena hal tersebut sudah saya jelaskan di web saya yang baru yang telah saya jelaskan pada paragraf diatas. Saya hanya mengulangi untuk memberikan saran pakailah tips ini untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi modem anda.

Pada umumnya, kita sering mendapatkan hasil kecepatan modem yang kurang maksimal. Kecepatan modem yang hanya 236,8 Kbps tentu saja membuat kita mati kutu jika kita mengikuti lomba seo. Tul nggak ?

Kita bisa menggunakan kelebihan bawaan windows dengan kata lain kita bisa melakukan konesksi secara manual tanpa harus menggunakan software bawaan modem. Tetapi bukan berarti kita tidak perlu menginstall driver dan software bawaannya. Tips ini hanya bisa kita pakai dengan catatan modem sudah dikenali oleh sistem windows laptop/komputer kita.

Silakan Klik kanan dan selanjutnya pilih Connect pada koneksi modem kita (pada contoh adalah koneksi dengan TRI).

Lakukan klik kiri 2 untuk memastikan mendapatkan kecepatan maksimum (biasanya 7,2MBps) :

Kalau masih dibawah 7,2MBps, silakan diskonek dan lakukan koneksi ulang hingga mendapatkan 7,2MBps atau lebih dari itu.

Selain melakukan tips diatas, jangan lupa tips dibawah ini juga digunakan secara bersamaan.

Silakan Klik Kanan mouse anda pada koneksi modem yang saat ini anda pergunakan, kemudian pilih Properties.

Selanjutya klik tombol Configure.

Ubahlah kecepatan menjadi yang paling besar. Secara default dari pengalaman saya sering mendapatkan hanya 460800, oleh karena itu saya selanjutnya merubah menjadi 921600.

Setelah selesai maka silakan diskonek koneksi modem anda, selanjutnya koneksikan ulang. Hal ini dilakukan agar konfigurasi yang kita lakukan bisa memberikan efek.

Jika masih lambat maka kemungkinan ada masalah lain, misal anda beli paket internet yang paling murah atau mungkin modem anda rusak … ha ha ha …. (serius ini).

Untuk lebih detil mengenai penyebab koneksi internet masih lemot/lelet silakan baca pada tulisan saya di blog baru dengan judul “Internet: Mengoptimalkan Kecepatan Modem“.