Menulis buku itu mudah apa sulit

Menulis buku itu mudah, asal ada kemauan termasuk mau meluangkan waktu. Konon kabar yang saya dengar, penulis best seller Agus Mustofa dapat membuat 1 buku dalam 3 bulan. Itupun yang dua bulan tidak  untuk menulis, melainkan 1 bulan untuk launching dan 1 bulan lagi untuk melakukan bedah bukunya atau untuk menerima undangan menjadi pembicara suatu kegiatan. Jadi menulis buku sebenarnya hanya 1 bulan.  Di saat menulis tersebut, beliau tidak dapat diganggu 1 bulan penuh.

Bagi saya, menulis buku merupakan hal yang entah kenapa sangat sulit. Sulitnya bukan kekurangan ide malah berlebih ide tetapi sulit memulainya dan juga waktunya. Dan satu lagi, saya merasa kurang PD (percaya diri) untuk menulis sebuah buku. Ini merupakan hal yang utama.

Tatkala saya mendaftar tulisan-tulisan saya diblog tentang belajar SEO (merupakan tulisan dalam blog Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009), ternyata saya dapat menulis sekitar 18 artikel yang berkaitan dengan SEO dalam waktu 2 bulan nggak ada. Itu pun saya menulis topik yang sebelumnya saya tidak begitu memperhatikan dan tidak begitu mengetahuinya. Padahal ada beberapa ide-ide lain yang saya perhatikan dan saya ketahui namun tak sempat saya tuliskan. Apalagi jika ide-ide tersebut ditulis sebagaimana First Head sebagaimana yang pernah di ulas oleh rekan saya achedy, tentu bisa menjadi sebuah buku.

Dari dulu hingga sekarang, saya masih hanya bermimpi : kapan ya saya menjadi penulis buku, biar tak sekadar menjadi pembaca saja ?