Mitos Ganti Template Web-Blog Terhadap SEO

Saya memutuskan memilih judul “Mitos Ganti Template Web-Blog Terhadap SEO“. Mengapa saya memilih judul “Mitos Ganti Template Web-Blog Terhadap SEO” ? Sudah berkali-kali saya membaca keluhan dari blogger yang web-blog nya mengalami penurunan kualitas disisi SEO nya setelah melakukan update template web-blog mereka. Nah benarkah penggantian template dapat menurunkan kualitas SEO web-blog kita ? Kali ini saya ingin menjelaskan fenomena tersebut dimana juga telah saya buktikan terhadap artikel saya ” NegeriAds.com Solusi Berpromosi“.

Penggantian template memang dapat mempengaruhi kualitas SEO web-blog kita, namun salah besar jika penggantian template hanya akan menurunkan kualitas SEO kita.

Dalam pencarian di google sebenarnya google menampilkan suatu data web-blog yang telah google simpan dalam database. Data tersebut di dapat dari proses crawl (kunjungan) mesin robot mesin pencari tersebut. Data tersebut tidak setiap saat di update, bisa sehari sekali ataupun beberapa hari tergantung konsistensi dan seberapa sering suatu web-blog di update. Proses pengupdatetan pun jarang sekali update seluruh isi web-blog di update. Yang tersering adalah proses update penambahan halaman web-blog tatkala kita menulis artikel. Sedangkan pengupdatetan halaman lain/artikel lain tidak dapat dipastikan waktunya.

Salah satu faktor google akan melakukan pengupdatetan secara menyeluruh isi web-blog jika suatu web-blog tersebut terjadi perubahan yang cukup signifikan. Nah salah satunya adalah jika ada perubahan template maka google akan memperbarui database mengenai isi web-blog yang diganti templatenya tersebut.

Proses update data tersebut akan menyebabkan kualitas SEO kita turun manakala kualitas web-blog kita memang menurun. Dan sebaliknya akan menjadi bagus manakala memang sebenarnya kualitas web-blog kita naik. Jadi penurunan kualitas SEO yang di karenakan penggantian template itu hanyalah sebuah mitos saja.

Penggantian template web-blog itu akan mentriger google untuk memperbarui realitas kualitas web-blog kita dan itu tergantung seberapa besar optimasi kita terhadap web-blog kita dan seberapa kuat pesaing kita.

Selama kita bersungguh-sungguh melakukan optimasi maka jangan khawatir untuk merubah template web-blog kita apalagi dengan template yang lebih seo friendly.