Museum Nusantara

Museum Nusantara sangat banyak sekali. Ada museum di Taman Mini Indonesia Indah yang jumlahnya banyak sekali, Museum Yogya Kembali, Museum Mpu Tantular dan masih banyak lagi Museum di Nusantara ini. Kalau mau mendaftar satu persatu mungkin lebih dari seratusan museum. Namun sayang menurut pendapat saya saat ini sudah sedikit sekali orang yang mau berkunjung ke museum. Orang lebih suka pergi ke dufan (dunia fantasi) ketimbang ke museum. Maka tak heran jika Taman Mini Indonesia Indah mengadakan Festival Museum Nusantara.

Dengan diselenggarakannya Festival Museum Nusantara diharapkan masyarakat semakin mengetahui bukti sejarah pahlawan Indonesia dan semakin meningkat semangat nasionalismenya. Jangan sampai semangat itu luntur karena perkembangan zaman dan era informasi yang tanpa batas saat ini.

Sungguh menyedihkan bukan jika anak-anak kita lebih mengenak Superman, Ultramen, Batman, Scoobydu daripada pahlawan kita Jendral Sudirman, Jendral Ahmad Yani, Hasannuddin, Pattimura, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim As’ari, M. Natsir dan lain-lainnya.

Perkembangan budaya dan kehidupan sosial yang beriringan dengan era keterbukaan informasi tanpa batas memang rawan untuk melupakan para pahlawan dari pikiran anak-anak kita. Belum lagi sinetron-sinetron masa kini yang isi materinya jauh dari harapan kita sebagai orang tua.

Baiklah kawan itu sedikit ulasan saya mengenai museum nusantara dan Festival Museum Nusantara yang di gelar oleh Taman Mini Indonesia Indah. Semoga saja bermanfaat bagi saya dan anda sebagai sebuah renungan untuk kehidupan berbangsa ini.