Sholat Berjamaah di Masjid atau di Rumah ?

Bagi seorang perjaka mungkin tidak ada akan ada pertanyaan semacam itu dimana di masjid mungkin akan menjadi pilihan. Namun jika mereka yang sudah beristri apalagi anak masih satu tahun yang memungkinkan untuk mengajak si kecil sholat di masjid sangat kecil maka wajar muncul sebuah pertanyaan “Sholat Berjamaah di Masjid atau di Rumah ?”. Setiap sholat berjamaah kan berlipat 27 derajat lebih utama. Nah mungkin tidak sedikit yang berpikiran sholat dirumah saja berjamaah dengan istri biar dapat pahala 27 derajat semua. Namun disisi yang lain sholat berjamaah di masjid begitu penting bagi seorang laki-laki dan bagi seorang wanita sholat dirumah juga lebih baik. Nah untuk mengetahui jawabannya anda bisa membaca ulasan lengkap mengenai bahasan sholat berjamaah di www.eramuslim.com.

Sebagai ringkasannya saya mengutip terjemahan beberapa hadits dari uraian di www.eramuslim.com tersebut :

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah dia berkata; “Seorang buta (tuna netra) pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berujar “Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid.” Lalu dia meminta keringanan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk shalat di rumah. Ketika sahabat itu berpaling, beliau kembali bertanya: “Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)?” laki-laki itu menjawab; “Benar.” Beliau bersabda: “Penuhilah seruan tersebut (hadiri jamaah shalat).”

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah katanya; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Shalat yang dirasakan berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya` dan shalat subuh, sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang dan ia mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar untuk menjumpai suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah mereka.”

Dari situ dapat disimpulkan bahwa sholat berjamaah dimasjid lebih utama dan lebih dianjurkan daripada sholat berjamaah dirumah dengan istrinya. Untuk lebih jelasnya silakan baca di web www.eramuslim.com ya!