Unix Timestamp, Mencari Hari Kemaren Dengan PHP

Unix TImestamp, Script PHP Mencari hari kemaren
Unix Timestamp, Script PHP Mencari hari kemaren
Tadi aku di mitai tolong teman, dia nanyain gimana caranya menentukan hari (tanggal) kemaren tetapi menggunakan script PHP. Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah ngalami mencari cara untuk hal tersebut. Waktu itu saya membuat script acak-acakan yang perlu banyak baris untuk melakukannya, belum lagi kalau menemui tahun kabisat saya harus membuat fungsi khusus untuk tahun kabisat tersebut. Nah tadi akhirnya saya membuat fungsi yang lebih simple untuk mencari hari kemaren. Dan bahkan tidak hanya kemaren bisa juga untuk mencari tanggal berapa haripun, misal seminggu yang lalu, sepuluh hari yang lalu, sebulan dan terserah tapi setelah 1 January 1970 (dimulainya Unix time, atau POSIX time).

Berikut ini scriptnya (sama dengan gambar) :


Cukup sederhana bukan. Hasil dari script diatas adalah tanggal kemaren 24-11-2009. Anda juga bisa mengubah formatnya sesuai keinginan anda dengan mengganti parameter %d-%m-%Y. Anda bisa membaca referensi untuk parameter tersebut di fungsi date PHP.

Sedangkan untuk mencari hari selain hari kemaren anda bisa merubah variabel (1 * 24 * 60 * 60). Ganti saja angka 1 dengan angka berapapun yang positif. Angka 1 berarti satu hari yang lalu (kemaren), angka 7 berarti seminggu yang lalu, dan seterusnya. Sedangkan angka yang lain biarkan saja karena angka 24 menunjukan jumlah jam (sehari), 60 pertama menunjukan menit, dan yang 60 kedua menunjukkan detik. Kecuali jika anda tidak hanya memperhatikan hari tetapi juga jam, menit dan detik dengan detail maka silakan saja (Misal tanggal berapa 1 hari 6 jam 30 menit 15 detik yang lalu ? maka ubah juga variabel tersebut).

Kalau beberapa waktu yang akan datang bagaimana ? Gampang ubah saja tanda – (minus) pada baris $kmren=time()-(1 * 24 * 60 * 60); dengan tanda + (plus). Gimana mudah kan ?

Ya sudah anda senang kan sudah memahami dan mendapatkan script fungsi PHP untuk mencari hari yang kemaren ? Jika senang maka kasih saya link artikel Mengembalikan Jati Diri Bangsa dan Ngobrol Seputar Bisnis Online di web anda. Kalau nggak mau ya tidak apa-apa, saya tidak memaksa. Saya melihat anda bahagia mendapat script tersebut saya juga sudah cukup puas.