Ad Code

Create icon (favicon.ico) dengan Photoshop

Bagi anda yang bergelut dengan web, tentu tidak asing lagi denga favicon.ico. Yaitu suatu icon yang pada umumnya akan ditampilkan dalam Address Bar  web browser.  Favicon.ico akan ditampilkan sebelum tulisan URL ( Uniform Resource Locator )/web address.

Mungkin favicon.ico tidak akan muncul untuk browser-browser tertentu, misal Internet Explorer yang mana favicon.ico akan digantikan icon Internet Explorer.

Untuk membuat favicon.ico tidaklah sulit. Banyak cara untuk membuatnya, banyak software yang digunakan untuk itu. Namun dalam tulisan ini hanyalah salah satu contoh saja, yaitu menggunakan photoshop. Tidak ada perbedaan dengan cara membuat gambar/design pada umumnya. Namun untuk membuat favicon.ico kita perlu melakukan Save As dengan ekstensi .ico. Namun sebelumnya download dulu pluginnya di http://www.telegraphics.com.au/sw/. Jika sudah, ekstrak dan masukan file ICOFormat.8bi ke dalam folder “File Format”. Untuk Photoshop CS2 biasanya di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS2\Plug-Ins\File Formats\ .

Tutup dan buka kembali Photoshop anda.

Close Menu