Ad Code

Lifestyle - Gaya Hidup

Lifestyle atau gaya hidup sangat kompleks banget ruang lingkupnya. Dalam dunia film saja kita bisa ngomongin masalah film-film yang sedang ramai di bicarakan orang saat ini. Sebut saja Air Terjun Pengantin dan serta film sejenis. Namun saya menyayangkan kenapa ya sebuah kreativitas harus dibumbui dengan eksplorasi kecantikan seorang wanita. Padahal diantara film-film tersebut berbau horor namun eksplorasi keseksian dan kemolekan wanita masih menjadi daya tarik dalam karya-karya anak bangsa tersebut. Saya justru lebih kagum dengan SUsan Boyle yang mana saat ini album Susan Boyle laris manis dimana dia nggak mengutamakan kemolekan fisik tapi benar-benar secara profesional karena kepiawaiannya dalam bernayanyi.

Jika kita selalu mengandalkan ekplorasi tubuh wanita dalam berkarya maka akan bangsa Indonesia ini akan semakin menuju kemunduran, percayalah…. Tapi coba jika dalam berkarya kita mengutamakan ide cemerlang yang membangun semacam Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi (yang diambil dari novel tetralogi Andrea Hirata ) misalnya maka bangsa Indonesia ini akan semakin maju. Kita akan semakin mudah mengembalikan jati diri bangsa Indonesia.

Tapi memang Lifestyle saat ini sangat berbeda dengan Lifestyle zaman dahulu, dimana orang sangat malu dan merasa tabu mengumbar keseksian tubuhnya. Kini sudah berbeda sekali. Saya justru merasa kasihan dengan para remaja sekarang yang menikmati film tersebut. Karena bagaimanapun akan membuat para remaja mengikuti trend gaya hidup ( Lifestyle ) yang ditampilkan dalam film tersebut. Penonton yang masih labil tentu bisa saja menganggap pemandangan seperti yang ditampilkan dalam film itu adalah hal yang biasa dan pengkondisian seperti hal tersebut sangat tidak baik bagi jati diri bangsa Indonesia.

Saya juga lebih khawatir lagi jika secara tidak langsung film-film yang mengumbar tubuh sensual wanita justru akan mendorong berkembangnya pergaulan bebas dan sex bebas dikalangan remaja Indonesia. Sudah sering kita mendengar berita yang ramai beredar mengenai adanya video mesum para pelajar di Indonesia. Dan lebih menyedihkan lagi saya sempat mendengar selentingan kalau di kota-kota besar sudah cukup banyak para siswa yang sudah tidak perawan lagi. Sungguh menyedihkan sekali bukan jika bangsa Indonesia semakin hari semakin terpuruk. Informasi terbaru yang saya dapatkan dampak sex bebas di Jawa Timur orang yang terkena AIDS Mencapai 10.049 orang. Sangat besar sekali bukan ?. Itu belum di daerah lain.

Namun itulah kenyataanya semakin terpuruknya lifestyle dalam bangsa Indonesia. Memang banyak sekali faktor penyebab pergaulan bebas dan sex bebas. Menurut pendapat saya pribadi film-film atau karya-karya yang mengandalkan pengumbaran atau eksplorasi tubuh wanita secara tidak langsung sangat mempengaruhi semakin banyaknya pergaulan bebas antar remaja putra dan putri Indonesia. Namun itu bukan satu-satunya penyebab tentunya tetapi merupakan akumulasi dengan lifestyle negatif lainnya. Ya sudahlah, itu saja sebuah opini seorang rakyat kecil yang mendambakan adanya perubahan dan perbaikan lifestyle bangsa Indonesia agar menjadi lebih baik tentunya. (Astaga.com lifestyle on the net)

Close Menu