Ad Code

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Bone

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Bone . Perkampungan Tumang, Jateng berada diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan tersebut disebut sbg pusat bisnis seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai pasar. Skill mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, dan sebagainya walau demikian saat ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, gedung, dan lain.



Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terkendali. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negara Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya ialah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke makassar. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke surabaya.


Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt punya rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin banyak yg ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga beragam walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya semakin murah sebab bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapatkan harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak sekadar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari bima. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna membuat seni logam yg berkelas dan cocok yg diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen customer puas.

Close Menu