Ad Code

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Donggala

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Donggala . Desa Tumang, Jawa Tengah berada di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, & sebagainya walaupun demikian masa ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior hotel, gedung, & lain.



Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke mataram. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gorontalo.


Contoh Seni Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib kreatif & wajib menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tidak sekedar mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris kantor namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari gunung sitoli. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk memproduksi kerajinan logam yang ber-quality & sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Close Menu