Ad Code

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pasar Kota Subulussalam

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pasar Kota Subulussalam . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, dan lainnya tetapi saat ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen masjid, gedung, dan lain-lain.



Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga semakin cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jambi. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.


Contoh Seni Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli juga dapat memesan kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi lalu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan cukup bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini merupakan beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yg dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lain-lain, produsen Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapat harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus inovatif dan harus memantau keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel namun telah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk hanya satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari malang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna memproduksi kerajinan logam yg berkelas dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Close Menu