Ad Code

Ahli Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Lahat

Ahli Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Lahat . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai sentra bisnis seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, dan lain-lain namun saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior masjid, rumah, dan lain.



Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka mau menolong para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website begitu menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yaitu beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain, perajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tdk cuma mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari kotawaringin barat. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna memproduksi seni logam yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Close Menu