Ad Code

Industri Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Boven Digoel

Industri Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Boven Digoel . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tersebut diketahui sbg sentra pengusaha kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak pasar. Skill menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lainnya walaupun demikian masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan eksterior restoran, kantor, dan lain.



Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai menggeliat dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi website begitu menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pangkal pinang. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga begitu beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekadar mendapat pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari lubuklinggau. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna membuat kerajinan kuningan yang berkualitas dan cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Close Menu