Ad Code

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Mempawah

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Mempawah . Kampung Tumang, Cepogo lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat dijual ke banyak konsumen. Skill mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, dan lain-lain akan tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan buat keperluan asesoris cafe, rumah, dan lain-lain.



Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Orderan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para industri kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Seni Logam Tembaga adalah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki desain sendiri AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini adalah banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yg digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari wilayah lain tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan memantau selera pasar. Kini AA Gallery tidak cuma mendapat orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari tidore kepulauan. Dengan modal pengalaman puluhan th memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode untuk memproduksi seni tembaga yg bermutu dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen konsumen puas.

Close Menu