Ad Code

Produsen Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Sikka

Produsen Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Sikka . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg pusat bisnis seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Cepogo mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, & lain-lain namun kini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan eksterior cafe, gedung, & lainnya.



Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai menggeliat dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tdk cuma memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah namun telah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari palopo. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham cara guna membuat kerajinan tembaga yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer puas.

Close Menu