Ad Code

Agar bayi tidak gampang cegukan dan ghumoh ( hal yg perlu dilakukan setelah menyusui bayi)

Sudah lazimnya, bayi laki-laki kalau lagi netek biasanya lebih banyak dan lama. Hal tersebut wajar saja, tatkala telah dewasa laki-laki juga lebih banyak porsi makannya. Dan tak heran tetkala ditimbang berat laki-laki lebih berat walaupun secara fisik  besar tubuhnya terlihat sama.

Saya tidak memberikan jawaban secara ilmiah tentang fenomena tersebut. Tapi saya hanya akan memberika satu tips dari kakak saya. Tips ini adalah hal yang perlu dilakukan setelah sang Ibu menyusui bayinya. Tujuan tips ini adalah untuk mencegah bayi sering cegukan dan ghumoh.

Caranya cukup sederhana, yaitu setelah bayi di teteki, posisikan bayi dalam keadaan duduk  ( tetap di pangkuan jangan dilepaskan duduk dilantai ) .  Kemudian pukul sekitar tengkuk (leher belakang) atau bagian punggung belakang, tapi jangan keras-keras melainkan sekadar memberikan guncangan. Tujuannya air susu biar turun kebawah. Biasanya kalau minumnya banyak akan membuat bayi glegeken. Tapi tidak selamanya demikian, jika tetap tidak glegeken, jangan dipaksa dipukul terus, cukup 1  s/d  3 kali saja. Ingat jangan keras mukulnya !

Untuk mengechek kebenaran tips ini, silakan tanyakan ke bidan atau dokter. Kami hanya belajar dari pengalaman kakak yg kami terapkan pada anak kami.

Close Menu