Ad Code

Migrasi Mambo ke Wordpress

Sudah 1,5 tahun lebih saya menggunakan Mambo untuk web kantor. Kini di tahun baru saya mencoba untuk migrasi ke wordpress, karena saya merasa tertantang untuk mempelajari pembuatan templates-nya. Selain alasan tersebut juga dikarenakan saat ini pengguna wordpress semakin banyak, plugin yang tersedia juga banyak, database-nya simple, theme gratis-nya-pun banyak macamnya dan rata-rata theme gratisannya  table less.

Namun awalnya saya ragu dan sedikit malas untuk migrasi, namun setelah saya mengetahui ada software untuk migrasi (mengexport) dari database Mambo ke WordPress menjadikan tekad saya semakin bulat untuk melakukan migrasi.

Berikut ini dokumentasi cara untuk melakukan migrasi dari mambo ke wordpress :

Install wordpress.

Buat Kategori dalam wordpress hasil instalasi.

Download file untuk membantu mengexport  di http://jeremiahhester.com.

Ekstrak dan letakan file-file hasil ekstrak dalam folder export dalam folder utama wordpress (jika hasil ekstrak sudah dalam bentuk folder export, maka tinggal mencopy folder tersebut dalam folder utama wordpress).

Edit file config.php

//********************************************************////               IMPORT SETTINGS//********************************************************//# CONFIG SECTION# Export Database Information - Your Joomla/Mambo database that you want to export from.$dbh     = 'mydbmambo';$dbuser = 'root';$dbpass = 'root';$dbhost = 'localhost';         // localhost is default$dbprefix = 'mos_';# Import Database Information - Your WordPress database that you want to import into.$dbi     = 'mydbwp';$dbiuser = 'root';$dbipass = 'root';$dbihost = 'localhost';         // localhost is default# END CONFIG SECTION

Akses ke alamat folder export ( http://www.yourweb.com/export/ ).

Klik Step One.

Pilih section yang akan di export.

Pilih Kategori yang akan digunakan. Jika hasilnya tidak masuk dalam kategori yang dibut, terpaksa harus mengedit manual kategorinya di wordpress anda karena secara default akan dimasukan ke dalam kategori Uncategorized.

Nb : Telah dicoba untuk wordpress 2.7

Close Menu