Ad Code

Pilih mana: Designer apa Programer ?

Entah kenapa banyak orang yang melihat tampilan web dari design (tampilan)-nya saja. Jika tampilan bagus, tentu orang bilang webnya bagus. Walaupun sebenarnya tampilan bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan.

Seorang programer tentu lebih mengutamakan dari sisi programingnya. Bagaimana kecepatan prosesnya, bagaimana keamanan scriptnya, bagaimana dapat berjalan dengan baik di berbagai platform, bagaimana mempermudah untuk mengembangkan script tsb nantinya, bagaimana agar mudah untuk dibuatkan design (template) nya, dlsb ? Hal-hal tersebut akan menjadi pertimbangan-pertimbangan seorang programer dalam bekerja.

Seiring perkembangan zaman, software opensource bertebaran dimana-mana membuat web semakin mudah. Ada joomla, mambo, wordpress, auracms, dlsb. Dari segi keamanan juga semakin bagus karena selalu ada yang memperbaiki bugsnya. Dan themes/templates yang gratisan pun juga banyak.

Melihat fenomena tersebut sepertinya menjadi seorang designer lebih menjanjikan daripada programer ……

Kenapa ? Sekarang, kalau sekadar membuat web tentunya orang tidak perlu mahir benar tentang program/script karena sudah ada CMS opensource. So tinggal buat template nya saja. Kalau tetap nekat membuat prograam sendiri tentu butuh waktu lama. Padahal kalau sekadar web kebanyakan orang hanya akan melihat sisi tampilan/design/template nya saja.

Jadi designer juga enak, sekali tampilan cocok ya sudah selesai. Kalau programer tidak, mungkin seminggu, 2, 3, 4,..dst bugs-bugs akan bermunculan… pusinglah ….!!!

Programer akan benar-benar diperlukan jika program yang dibuat bersifat uniq dan tidak ada atau belum ada opensourcenya. Atau jika sudah ada opensourcenya perlu meng-customize software tsb untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Melihat perkembangan web-web yang ada sekarang yang mana semakin banyak pemakai CMS opensource sepertinya menjadi seorang designer lebih menjanjikan, walaupun sebaiknya selain mahir designer juga mahir programer…he..he..he…

Saya sendiri sekarang lagi incip-incip belajar design. Siapa tahu nanti menjadi designer beneran ? he he he .. Kan sayang kalau bisa programing (walau nggak mahir) namun nggak bisa design.  Biar ada peningkatan-lah di tahun 2009 ini.

Close Menu