Ad Code

Membuat Agregator Sekaligus Backup Web

Sebagaimana rekan-rekan ketahui bahwa saya akhir-akhir ini mengikuti kontes SEO Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang. Dalam kontes tersebut memaksa saya untuk membuat banyak blog sebagai blog dummy. Sekalipun saya kalah dalam kontes tersebut saya mendapat banyak pelajaran. Salah satunya adalah saya Membuat Agregator Sekaligus Backup Web. Awalnya saya saya tidak kepikiran untuk membuat backup dengan membuat agregator (sindiksi rss) tersebut. Untuk backup saya melakukan export web secara manual khususnya untuk web gratisan yang sudah sering saya jumpai banyak keluhan yaitu blog dihapus secara sepihak oleh pemilik layanan. Yang namanya pemilik ya terserah mereka kan ?

Kembali lagi, awalnya saya membuat agregator atau sindikasi rss hanya untuk mengumpulkan berbagai tulisan saya di blog dummy. Alamat blog tersebut adalah planet.arentin.info. Setelah saya lihat-lihat lebih jauh ternyata setiap tulisan baru yang saya tulis masuk dalam blog tersebut tepatnya sebagai postingan web tersebut.

Nah kalau demikian maka secara otomatis tulisan saya juga ter-backup dalam web tersebut kan ? Jadi sedemikian banyak tulisan saya dapat saya kumpulkan jadi satu dan cukup saya backup web planet.arentin.info tersebut maka sama saja artikel di semua web saya yang saya daftarkan dalam agregator tersebut sudah saya backup semuanya. Sangat mudah bukan ?

Lalu dari segi SEO apakah cara tersebut dapat menyebabkan duplicate content ? Saya kurang mengetahui tapi karena setiap artikel pasti akan ada link menuju artikel di web aslinya maka blog agregator tersebut tidak dianggap sebagai duplikasi content web tapi malah memperkuat posisi web yang masuk dalam web sindikasi tersebut. Atau kalau anda ragu ya jangan ijinkan robot search engine mengindeksnya. Caranya saksikan di tulisan berikutnya, insyaAllah.

Close Menu