Ad Code

Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang

Dalam tulisan ini kami mencoba menguraikan berhubungan dengan Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang. Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang sekarang ini memang banyak dibicarakan oleh banyak orang. Saya kira saya sudah tepat memilih untuk membahas Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang. Ane ingin kalian dapat paham mengenai artikel Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang. Ternyata Boyolali buktinya tersohor sebagai sentra kerajinan tembaga and kuningan. Sentra Industri Kerajinan Tembaga and Kuningan ini terletak di Perkampungan Tumang. Perkampungan Tumang berada di Kabupaten Boyolali. Kerajinan tembaga di Perkampungan Tumang, Boyolali merupakan warisan seni dari leluhur.

Kerajinan Tembaga yang merupakan salah satu hasil karya khalayak Tumang merupakan karya seni yang sudah tumbuh menjadi Home industri sebagai penopang perekonomian khalayak. Di desa Tumang para pengrajin kerajinan tembaga sudah tergabung dalam Kelompok Pengrajin Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini justru merupakan Kelompok Industri yang begitu banyak ditekuni publik Tumang.

Mungkin uraian postingan Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang semakin menggigit . Oleh karena itu demikian mari khalayak bahas lebih jauh sedang postingan Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang ini.

Pada mulanya kebanyakan perajin di desa Tumang memproduksi jenis alat tumah tangga dari tembaga, walaupun demikian pada perkembangannya sebagian perajin mencoba merintis kerajinan seni ukir tembaga yang jenis produksinya nggak sedang berupa peralatan rumah tangga saja walaupun demikian juga berupa perlengkapan and assesoris perumahan mirip kerajinan vase bunga, Kerajinan Tembaga guci, bowl, lampu duduk, lampu dinding, lampu gantung, kaligrafi, hiasan dinding and jenis lain yang umumnya mencocokan permintaan customer.

Tatkala krisis ekonomi sebelum reformasi menghantui Republik Indonesia sekitar th 1997, sempat muncul kekhawatiran usaha pedesaan berupa kerajinan tembaga and kuningan ini mau mengalami kemunduran. Ternyata, usaha kerajinan tembaga and kuningan tetap berjalan. Hal tersebut nggak lepas dari usaha pengrajin Kerajinan Tembaga and kuningan dengan memunculkan beragam inovasi produk and inovasi dalam memasarkan produk. Para pengrajin kerajinan tembaga and kuningan juga berusaha ikut serta perkembangan dengan membuat barang rumah tangga dengan bahan alumunium.

Sejarah penggunaan bahan baku juga diikuti dengan perkembangan penggunaan teknologi produksi. Di Dalam perkembangan awal industri kerajinan di Tumang hanya guna membuat barang-barang dapur, walaupun demikian masa ini sudah mulai merambah ke kerajinan seni ukir dengan teknologi paling baru. Adanya teknologi ukir memperkaya proses produksi kerajinan tembaga and kuningan.

Pada masa ini pengrajin kerajinan tembaga and kuningan dibolehkan merambah pasar nasional and internasional. Pesanan produk kerajinan tembaga and kuningan semakin meningkat/besar apalagi semenjak adanya internet dimana kebanyakan dibolehkan dilakukan via online/internet. Hasil dari industri kerajinan tembaga and kuningan ini sudah merambah s/d manca negara diantaranya Amerika serikat, Jepang, Inggris , dan lain-lain. Hasil usaha kerajinan tembaga and kuningan dibolehkan berupa vas bunga, lampu gantung,, lampu dinding, kendi, bokor, kap lampu, ornament arsitektur, keperluan rumah tangga. Periode awal 1990-an dibolehkan dipaparkan sebagai tonggak periode keemasan usaha kerajinan tembaga and kerajinan kuningan di Tumang, Boyolali. Semakin lancarnya usaha kerajinan tembaga and kerajinan kuningan merupakan berkah bagi masyarakat Tumang.

Kami harap semua dari ulasan Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang di atas dapat memberikan kontribusi untuk pikiran kamu mengenai Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang. Sharing pemahaman baru mengenai Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang bersama siapapun akan membuat diasenang khususnya mereka yang mencari uraian mengenai Perkembangan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Tumang.
Rujukan:
http://www.aa-gallery.co.id
http://www.aagallery.co.id
http://www.kerajinantembaga.info
http://www.aagallery.net

Close Menu