Ad Code

Ahli Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Muna Barat

Ahli Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Muna Barat . Desa Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa tersebut diketahui sbg pusat ahli seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, serta sebagainya tetapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan asesoris masjid, kantor, serta lainnya.



Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menarik dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke kediri. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam cukup beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lainnya, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diwajibkan kreatif serta diwajibkan menyesuaikan keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekedar menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari probolinggo. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk membuat kerajinan tembaga yang bermutu serta sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Close Menu