Ad Code

Bisnis Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Minahasa Utara

Bisnis Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Minahasa Utara . Kampung Tumang, Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb diketahui sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo-Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain tapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior cafe, gedung, & lain-lain.



Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, masa ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia & luar negeri. Orderan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi internet amat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke manado. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.


Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini ialah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lain-lain, ahli Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan wajib kreatif & wajib memantau permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak cuma menerima permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari jambi. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualiti & sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting konsumen puas.

Close Menu