Ad Code

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kota Lubuklinggau

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kota Lubuklinggau . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tsb diketahui sebagai sentra ahli seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo membangun kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, & sebagainya tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, & lain.



Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya adalah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bandung. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta.


Contoh Seni Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini adalah lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain, ahli Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau selera pasar. Sekarang AA Gallery tdk hanya meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang design kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari gunung sitoli. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara guna memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality & sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Close Menu