Ad Code

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Prospek Kota Lhokseumawe

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Prospek Kota Lhokseumawe . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tsb diketahui sebagai sentra ahli seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Tumang membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & lainnya namun sekarang ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris cafe, kantor, & lain-lain.



Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negara Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website amat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam amat bermacam-macam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu otomatis ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain-lain, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari tomohon. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara untuk membuat kerajinan kuningan yang berkualiti & cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Close Menu