Ad Code

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Tanjung Jabung Barat . Desa Tumang, Cepogo berada diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb dikenal sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Boyolali-Jateng mendirikan kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Keahlian mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, serta sebagainya walau demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan ornamen masjid, rumah, serta lainnya.



Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi website memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke depok. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandung.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam bervariasi walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu saja semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentu saja otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lainnya, produsen Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah namun telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari gorontalo. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham metode guna membuat kerajinan kuningan yang ber-quality serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Close Menu