Ad Code

Perajin Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Gorontalo

Perajin Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Gorontalo . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sbg pusat perajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Cepogo-Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, dan sebagainya namun masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, dan lain-lain.



Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan semakin signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke karawang.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam beragam namun AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini adalah lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan harus inovatif dan harus memantau keinginan pasar. Kini AA Gallery tdk sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari palembang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna memproduksi kerajinan kuningan yang berkualiti dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Close Menu