Ad Code

Pengrajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Solok

Pengrajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Solok . Desa Tumang, Jawa Tengah berada diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak konsumen. Skill mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, and sebagainya akan tetapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen cafe, kantor, and lain.



Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai bergairah dgn meningkatnya orderan, baik orderan daerah atau internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia and manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah and manca negara. Teknologi internet memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bali. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tual.


Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, and lainnya. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt menerima harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam harus inovatif and harus memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak cuma menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tetapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari makassar. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik untuk memproduksi kerajinan logam yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen puas.

Close Menu