Ad Code

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tulangbawang

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Tulangbawang . Desa Tumang, Jateng berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb dikenal sbg pusat perajin kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jateng. Banyak saudara Tumang mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, juga sebagainya namun sekarang sudah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior restoran, kantor, juga lain-lain.



Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita juga manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bandaaceh. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke gorontalo.


Contoh Seni Tembaga yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki design pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan amat bervariasi namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yaitu beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentu saja mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diwajibkan inovatif juga diwajibkan memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery nggak cuma memperoleh permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor tetapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak cuma satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari palu. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk menghasilkan kerajinan logam yang berkualiti juga sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Close Menu