Ad Code

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Tanah Laut

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Tanah Laut . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali terletak diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, & lainnya tapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi masjid, gedung, & lainnya.



Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, baru-baru ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di NKRI & luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan logam buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.



Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif & diharuskan memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tidak cuma mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor namun sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari kotawaringin timur. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan seni kuningan yang memiliki kualitas & sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Close Menu