Ad Code

Bisnis Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Raja Ampat

Bisnis Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Raja Ampat . Desa Tumang, Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tersebut dikenal sbg pusat perajin seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak saudara Tumang mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak pasar. Skill mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, juga lain-lain walaupun demikian sekarang telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior cafe, gedung, juga lain.



Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di NKRI juga manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka mau menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website amat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bontang. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga amat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini merupakan beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentunya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain, perajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa memperoleh harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Kini AA Gallery nggak sekedar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tetapi telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari bukit tinggi. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham cara guna memproduksi kerajinan logam yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting customer puas.

Close Menu