Ad Code

Ahli Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kaur

Ahli Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Kaur . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Desa tsb diketahui sebagai sentra produsen seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, & lain-lain namun sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi masjid, kantor, & lain-lain.



Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet amat memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke malang. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke semarang.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi namun AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang semestinya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga wajib inovatif & wajib memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekedar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari subulussalam. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni logam yg ber-quality & cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Close Menu