Ad Code

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro . Desa Tumang, Jateng posisinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tsb disebut sebagai pusat industri seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa family Boyolali-Jateng membangun bisnis rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, & lain-lain walaupun demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior restoran, gedung, & lain-lain.



Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang panjang. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tual.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yaitu beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu akan dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diwajibkan inovatif & diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tdk hanya meraih pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari jogja. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk menghasilkan seni logam yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting konsumen puas.

Close Menu