Ad Code

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Nagan Raya

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Nagan Raya . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd publik Tumang, Cepogo. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta sebagainya walaupun demikian sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior hotel, kantor, serta lainnya.



Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Republik Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya ialah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam buat menawarkan produknya ke semua wilayah serta manca negara. Teknologi website cukup memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke sukabumi. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lainnya, pengrajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diharuskan inovatif serta diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery nggak sekadar meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekadar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari jakarta utara. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk memproduksi seni logam yang berkualitas serta cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Close Menu