Ad Code

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tanjung Jabung Timur . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Desa tersebut disebut sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, juga lain-lain walau demikian sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan dekorasi restoran, kantor, juga lain-lain.



Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin menolong para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan produknya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam sangat beragam walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapat harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari tual. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk membuat seni logam yg berkualiti juga cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen customer puas.

Close Menu