Ad Code

Membangun Citra diri melalui Blog

Hampir setiap orang saat ini memiliki weblog. Weblog atau cukup disebut blog adalah website yang berisikan tulisan (catatan) yang dianggap perlu bagi pemiliknya. Pada umumnya blog berisikan catatan harian pemilik blog berkaitan dengan pengalaman, pengetahuan dan pernyataan atau sikap pemilik blog terhadap suatu permasalahan hidup pribadi maupun umum. Sehingga kebanyakan isi blog tidak jauh dari subjektifitas pemilik blog.

Pemilik blog disebut dengan blogger. Blogger (di Indonesia) pada umumnya memiliki pendidikan yang lumayan tinggi daripada kebanyakan orang yang lahir diatas tahun 1980-an (untuk dibawah tahun 1980-an mungkin banyak yang berpendidikan tinggi walau tidak punya blog karena internet kala itu belum begitu semarak. Internet semarak sekitar tahun 1990-an). Pemilik blog saat ini kebanyakan mereka yang pernah mengenyam bangku perkuliahan walau tidak semuanya demikian. Sehingga blog dapat juga menjadi media untuk meningkatkan citra seseorang. Bahkan blog adalah perwujudan karakteristik atau identitas seseorang dalam dunia maya. Tak sedikit para politikus memanfaatkan blog untuk itu dan ditingkat internasional Obama telah membuktikannya.

Blog telah merubah kehidupan sosial peradaban manusia. Dengan adanya blog dapat membuat suatu komunitas sosial tersendiri. Mereka seakan saling bertegur sapa dengan blogger lainnya, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dan banyak hal lagi melalui blog mereka masing-masing. Laik-nya seseoarang yang saling hidup berdampingan dengan tetangga. Tak salah jika Menkominfo Muhammad Nuh menetapkan pada tanggal 27 Oktober menjadi Hari Blogger Nasional (Hablona)yang ditandai dengan diadakannya Pestablogger. Tahun ini adalah tahun yang kedua.

Dengan ditetapkannya Hablona, berarti telah diakuinya komunitas social tersebut oleh pemerintah. Mungkin harapan pemerintah adalah para blogger dapat memberikan kontribusi positif terhadap bangsa dan negara karena para blogger memiliki potensi lebih yang perlu ada wadahnya. Penulis mengakui bahwa pemerintahan SBY memiliki kepandaian dalam memanfaatkan media termasuk media internet dalam menyukseskan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Nb : Ikuti tulisan-tulisan lain tentang apa-apa dibalik blog, insyaAllah.

Close Menu