Ad Code

Safety Riding :Sayangi Paru-Paru Anda Saat Berkendara

Saat ini hampir setiap orang sudah memiliki sepeda motor atau setidaknya hampir semua orang sudah pernah mengendarai sepeda motor. Dengan sepeda motor memang membuat kita semakin mudah dalam bepergian, apalagi jika berada di kota-kota besar yang hampir setiap hari macet. Jika jalan macet tentu saja dengan mengendarai sepeda motor kita bisa lebih cepat mencapai tujuan jika. Dalam sehari-hari kita juga sering menyaksikan para penjual sayur-sayuran keliling-pun saat ini sudah banyak yang mengendarai sepeda motor dan masih banyak lagi yang memakainya.

Nah bagi anda yang sring berkendara sepeda motor jangan lupa selalu persiapkan diri dan antisipasi akan segala kemungkinan yang terjadi. Salah satunya adalah sayangi paru-paru dan kesehatan anda. Maksudnya ? Begini dalam setiap kita mengendarai sepeda motor apalagi yang cukup kencang sebenarnya kita saat itu melawan udara. Mungkin tidak terasa padahal semakin cepat maka smakin kuat pula tekanan udara yang dilawan oleh tubuh kita khususnya oleh paru-paru kita.

Nah karena begitu kuatnya hal tersebut dapat membahayakan paru-paru kita. Saya memiliki seorang teman dulu dia sering sekali mengendarai sepeda motor. Seperti biasa orang muda kalau berkendara kebut-kebutan. Waktu itu dia tidak merasa dan tidak mengetahui bahwa kebiasaannya tersebut dapat membahayakan dirinya. Setelah sekian lama melakukan kebiasaannya tersebut akhirnya suatu hari dia terjangkit penyakit asma. Tahu nggak sakit asma itu kemana-mana harus selalu membawa obat asma karena sewaktu-waktu dan dimanapun bisa kambuh dengan tiba-tiba dan di saat kambuh sangat susah untuk bernapas. Apalagi jika hawa dingin mendera maka sangat rentan untuk kambuh.

Nah usut punya usut ternyata teman saya tersebut dulu jarang sekali memakai penutup dada saat berkendara. Untuk itu biar aman dan tidak seperti teman saya maka cegahlah mulai sekarang juga! Caranya dalam berkendara selalu pastikan tubuh anda aman dari hembusan udara khususnya di bagian dada. Selalu pakai jaket yang tebal, akan lebih baik memakai penutup dada yang tidak tembus udara semisal pakai jaket kulit atau bisa juga memakai rompi yang tahan hembusan udara. Apalagi jika berkendara di malam hari maka wajib hukumnya memakai penutup dada anda jika anda masih sayang paru-paru anda.

Close Menu