Ad Code

Ahli Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Sarolangun

Ahli Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Sarolangun . Kampung Tumang, Cepogo lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sebagai sentra ahli kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Cepogo membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, serta sebagainya tetapi saat ini sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris restoran, kantor, serta lain.



Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menarik dengan naiknya orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di NKRI serta luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet amat membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bali. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bandung.


Contoh Seni Logam Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga amat bervariasi tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif serta diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sukabumi. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg berkualitas serta sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting customer puas.

Close Menu