Ad Code

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tamiang

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tamiang . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jateng membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, alat merebus air, & lainnya tetapi masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan interior masjid, kantor, & lainnya.



Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bogor. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kupang.


Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lainnya, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, perajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan harus inovatif & harus menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk hanya memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari payakumbuh. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan seni kuningan yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Close Menu