Ad Code

Perajin Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Jeneponto

Perajin Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Jeneponto . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tersebut dikenal sbg pusat produsen seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and lain-lain tapi saat ini telah beralih ke kerajinan tembaga buat keperluan asesoris cafe, rumah, and lainnya.



Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta and manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka ingin membantu para industri kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua daerah and banyak negara. Teknologi website amat membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke sawahlunto. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palopo.


Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga amat beragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini ialah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya semakin murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang semestinya auto dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan inovatif and diwajibkan menyesuaikan selera pasar. Masa ini AA Gallery tak sekadar meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi rumah namun telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari banten. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan seni kuningan yang ber-quality and sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen puas.

Close Menu