Ad Code

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Majalengka

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Majalengka . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung Tumang tsb dikenal sbg pusat bisnis seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara di sana membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Skill mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lainnya akan tetapi kini sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, dan lain-lain.



Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke magelang. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan sangat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa menerima harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk cuma menerima pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk cuma satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari tomohon. Bermodal pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu teknik guna menghasilkan kerajinan logam yg berkualitas dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Close Menu